Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, IRDA Bone Kumpulkan Camat dan Stafnya Serta Pendamping Desa
display this

Iklan

Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, IRDA Bone Kumpulkan Camat dan Stafnya Serta Pendamping Desa

Jumat, 15 Desember 2023


BONE-HAKSWARA.ID. Upaya pencegahan Korupsi, Inspektorat Daerah Kabupaten Bone mengumpulkan Camat bersama stafnya serta para Pendamping Desa di seluruh Kabupaten Bone dalam Sosialisasi peran dan fungsi Camat dalam pengelolaan keuangan serta penanganan pengaduan pencegahan tindak pidana korupsi.

Penjabat (Pj).  Bupati Bone Drs.H.Andi Islamuddin,MH, hadir sekaligus membuka acara tersebut Jumat 15 Desember 2023, di Maiwa Room Novena Hotel jalan Ahmad Yani Watampone Kabupaten Bone.

Turut hadir  Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Bone, Drs. H. Andi Muh. Yamin,AT. M.Si, Kepala Bidang PMD Bone, Para peserta meliputi Camat, para pejabat struktural dan fungsional lingkup inspektorat serta koordinator pendamping Desa Kabupaten Bone yang berjumlah 120 Orang.

Selaku ketua panitia pelaksana kegiatan,
Drs. H. Andi Muh Yamin,AT.M.Si,   mengatakan, "Camat dapat melaporkan verifikasi keuangan Desa dalam upaya pencegahan penyimpangan pengelolaan keuangan desa, dan diharapkan para Camat dapat mengetahui cara pengaduan masyarakat dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi," tuturnya dalam laporan Ketua Panitia Pelaksanaan.

Peran dan fungsi Camat dalam melakukan evaluasi pengelolaan keuangan dan Aset Desa, Penjabat (Pj). Bupati Bone Drs.H.Andi Islamuddin.MH,  menyampaikan arahannya bahwa,  "semangat itu penting karena jangan pernah berharap atau bermimpi bisa meraih sesuatu kalau tidak ada semangat didalamnya," sebut PJ. Bupati Bone.

Dalam kesempatan ini Pj. Bupati Bone juga mengatakan, "ini masih rangkaian peringatan hari anti korupsi sedunia yang diperingati setiap tanggal 09 Desember makanya itu, korupsi adalah musuh kita bersama, oleh sebab itu korupsi harus diberantas secara bersama - sama," tegasnya

"Dan untuk menangani secara serius bukan lagi istilahnya penanganan tapi melainkan sebuah pemberantasan yang di dalamnya 
meliputi Kolusi, Narkoba, terorisme,  karena ketiga persoalan ini merupakan  extraordinary crime, persoalan atau kejadian yang luar biasa," urainya.


Olehnya itu diharapkan seluruh institusi apapun itu, "untuk secara bersama sama untuk membuat regulasi menangani ketiga persoalan ini, tetapi tidak cukup hanya regulasi itu saja, karena meskipun setiap hari kita sosialisasi, setiap jam sosialisasi menyampaikan seluruh regulasi kalau tidak ada etikat baik yang terpatri dalam hati kita untuk melaksanakan undang-undang itu juga tidak akan mungkin terlaksana," pesan Andi Islamuddin.


Masih Pj.Bupati Bone, "dengan adanya upaya inspektorat kabupaten Bone mencoba  melakukan sosialisasi beberapa produk - produk  yang sudah dikeluarkan oleh Bapak Bupati Bone terkait tugas dan tanggung jawab yang melekat dalam diri Camat dan seluruh aparat - aparat yang ada ditingkat Kecamatan.

Untuk itu pentingnya sosialisasi ini bagi perangkat dan fungsi camat sebagai sentral yang sangat luar biasa, cuma terkadang kita tidak sadar terkait dengan fungsinya, sehingga untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab itu terkadang tidak dilakukan, Contoh, memverifikasi, melakukan evaluasi, dan juga  menyangkut dana alokasi desa", jelasnya.

Selanjutnya, "semoga upaya - upaya yang dilakukan inspektorat Daerah ini betul - betul nanti di tahun 2024 ada langkah-langkah perubahan yang harus kita hadirkan di Kabupaten Bone ini," harapan Andi Islamuddin,  juga Ketua DP KORPRI Kabupaten Bone.

Terakhir, Pj.Bupati Bone menyampaikan hal ini kepada para Camat, "pahami dan fungsi yang melekat dalam diri bapak ibu, karena di angkat jadi Camat ada kemampuan yang anda miliki untuk melaksanakan seluruh tanggung jawab yang diberikan," Tutup Pj. Bupati Bone H. Andi Islamuddin. 
*BM*AHAS*

Berita Terbaru